TEATER PLUSS SIAP PRODUKSI FILM : PAHLAWAN “BARA NURI “ DAN CERITERA RAKYAT “OFA LANGGA “

NTT-EXPOS.COM. Kupang 12/10/2015.

Kepala dapur Produksi Film Teater Pluss Kupang, Y.S.Amallo, ketika diwawancarai media ini, mengatakan, pada Nopember tahun 2015 sampai Juni 2016, pihaknya akan melaksanakan 2 Judul Film Ceritera rakyat Nusa Tenggara Timur. Film-Film yang akan di Produksi sebagai bentuk kecintaan para seniman dan insan film terhadap daerah tercinta. Kedua film yang akan diproduksi berjudul BARA NURI dan OFA LANGGA.Kedua film ini akan diproduksi bersama antara Teater Pluss Kupang dan Motion Production PH Jakarta. Sedangkan beberapa sutradara setara nasional juga akan dilibatkan dalam produksi bersama tersebut.

Yernad Samuel Amallo, yang adalah kepala seksi produksi Film Lembaga Swadaya Perfilman Teater Pluss, mengatakan bahwa kepedulian Organisasi tersebut untuk memproduksi film-film ceritera rakyat, sebagai bentuk sumbangsih terhadap pembangunan di daerah Nusa Tenggara Timur lewat bidang yang digeluti organisasi tersebut.

Teater yang pada tahun lalu telah sukses memproduksi film INE PARE dari ceritera rakyat Ende-Lio ini berkat dukungan dana dari pemerintah Provinsi NTT, berharap, semoga film-film ceritera rakyat NTT, bisa diakomodir menjadi materi pendidikan Mulok bagi anak-anak sekolah di Nusa tenggara Timur, sehingga dapat menanamkan rasa cinta budaya daerahnya serta mengenal dan menghormati para pahlawan yang telah membela tanah air NTT dari penjajahan belanda pada zaman dahulu.

Yernad menjelaskan, pada Tahun ini, pihak Teater Pluss telah mengajukan Proposal untuk Produksi Film Pahlawan Bara Nuri dari Kabupaten Ende-Lio , kepada pihak pemerintah Provinsi NTT, dengan harapan kiranya mendapat respon positip dari pemerintah dan DPRD Provinsi NTT, sehingga sesuai rencana, film Bara Nuri akan di Produksi pada bulan Nopember hingga Desember 2015.

Film Bara Nuri akan melibatkan diatas 100 orang pemain dengan memakai 6 tokoh utama dalam peran inti didalamnya. Film ini mengisahkan seorang bernama Bara Nuri yang m,enentang segala kekerasan yang dilakukan Belanda di Kota Ende-Lio. Karena itu, dirinya dibenci oleh Penjajah Belanda sehingga Bara Nuri mendapat tekanan dan ancaman mati. Dengan keperkasaan, kesaktian dan ketangkasan dalam perang, Bara Nuri dan pengikutnya mampu menghancurkan berbagai benteng pertahanan Belanda di Kota Ende.

Karena kejadian itu, dengan kekuasaannya, belanda berusaha dan berhasil meng-asingkan Bara Nuri ke Kota Kupang. Bara Nuri pun berjuang dan lolos dari Kupang kemudian kembali ke Kota Ende untuk meluluh lantakan kekuatan belanda. Perang sengit pun terjadi, banyak jatuh korban dikedua bela pihak. Namun, karena kesaktiannya, Bara Nuri tidak bisa mati oleh peluru Belanda. Belanda pun mencari akal yang tepat, namun setelah perang besar tersebut, keberadaan Bara Nuri pada saat itu dan sampai saat ini masih menjadi misteri bagi kita.

Untuk biaya Produksi Film Bara Nuri, selain memohon bantuan ke Pemerintah Provinsi NTT, pihak Teater akan selalu mencari donatur untuk mengantisipasi kekurangan dan produksi film ini. Sesuai Rencana dan sesuai keadaan dana, film ini berdurasi Tayang 60 sampai 90 Menit.
Mengenai para Pemain Film Bara Nuri, Yernad, mengatakan, Teater Pluss akan membuka Casting di Kota Ende dan di Kota Kupang mulai tanggal 15 sampai 25 Oktober 2015.

Tentang Produksi Film Ceritera Rakyat Rote-Ndao yang berjudul OFA LANGGA, sesuai rencana akan diproduksi mulai awal bulan januari 20916 hingga akhir bulan Maret 2016. Mengenai Dana Produksi Film Ofa Langga ini, pihak Teater Pluss telah melakukan pendekatan dengan pihak Sponsor dan Donatur yang ada di kota Kupang.

Film Ofa Langga tersebut menceriterakan tentang kisah sedih seorang putri bangsawan yang kerhilangan sang calon suami, karena sang suami diculik pergi oleh Belanda untuk bekerja Rodi di Timor-Tuameko. Bertahun-tahun samng suami tak kunjung pulang. Karena cinta yang mendalam dan rindu yang hampa, akhirnya Putri Cantik Jelita yang bernama susi ana, kehilangan ingatannya lalu meninggal di pelabuhan pante baru.

Kisah ini kemudian menjadi awal dibuatlah syair-syair lagu yang berjudul Ofa Langga, dan telah dikenal luas oleh rakyat NTT. Ceritera ini akan mengakomodir keadaan tradisi dan budaya serta musik tradisi masa itu lalu dilakukan pengambilan gambar di tempat-tempat pesona wisata, sehingga di yakini Film Ofalangga akan menarik untuk ditonton dan akan mampu menarik wisatawan berkunjung ke daerah NTT.

Tentang jumlah pemain dalam Film Ofa Langga ini, dia mengatakan, pemain yang dibutuhkan dalam Film Ofa Langga berjumlah seluruhnya 187 orang. Untuk Casting para pemeran akan dilakukan mulai bulan 25 Oktober sampai 25 Nopember 2015. Durasi tayang film ini direncanakan sebanyak 60 menit hingga 90 menit.

Kepada Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur, pihaknya mengharapkan memberikan dukungannya, agar kedua film rakyat NTT tersebut bisa diproduksi sesuai rencana.

“ Ceritara rakyat , budaya, tradisi dan pesona wisata NTT, merupakan kekayaan yang luar biasa yang dimiliki oleh kita. Maka menurutnya, menjadi amat pantas jika dijadikan Film untuk media pembelajaran bagi anak sekolah serta menjadi media promosi wisata budaya untuk mendukung pembangunan di Nusa tenggara Timur dan Nasional pada umumnya “. Ucap Yernad mengakhiri pembicaraan.
( NTT EXPOS>001).




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *