“ AIR BERSIH DAN KEBUTUHAN WARGA KOTA KUPANG “

NTT-EXPOS.COM. Kupang, 19 Sept.2015.
Banyak keluhan warga tentang kekurangan air bersih. Banyak kritikan dan saran yang positif tentang kiat dan program yang dilakukan oleh PDAM Kota Kupang. Banyak juga upaya-upaya yang telah dilakukan oleh PDAM Kota Kupang namun belum menyentuh seluruh kebutuhan masyarakat Kota Kupang, Mengapa ?, karena semuanya tergantung potensi mata air yang memang masih kurang sehingga belum mampu melayani secara maksimal tingkat kebutuhan seluruh warga kota Kupang.

Inilah ungkapan serius dari Direktur PDAM Kota Kupang, Noldy Mumu,SE, ketika berbincang-bincang dengan Wartawan Media ini, di ruang kerjanya, pada beberapa waktu yang lalu.

Katanya, memang ada belasan kelurahan dalam kota Kupang, yang pada musim kering, selalu mengalami kekurangan air bersih, disebabkan karena ketersediaan stok air bawah tanah di kota ini, sangat menurun drastis pada musim kemarau. Hal ini bukan karena kesalahan pelayanan atau ketidakmampuan pihak PDAM Kota Kupang dalam melakukan pelayanan.

Keterbatasan titik mata air dalam kota kupang menjadi faktor utama sehingga pihak PDAM Kota Kupang, tidak bisa melayani secara maksimal untuk ketuhan seluruh masyarakat kota Kupang. Dari waktu ke-waktu, dari hari ke hari dan dari tahun ke tahun, pihak PDAM Kota Kupang, selalu dan senantiasa mememikirkan, melakukan berbagai upaya dan melakukan program-program yang bisa menemukan solusi agar bisa melayani seluruh kebutuhan war kota Kupang, namun kendala utama yang dialami adalah ketersediaan titik mata air yang jauh dari harapan.

Dia menjelaskan, mata air yang sekarang berada di Kota Kupang, memiliki debit air yang lemah dan sedikit, dikarenakan musik kemarau. Oleh karena itu, kiat yang dilakukan oleh PDAM Kota Kupang adalah membagi pelayanan air bersih secara merata, sehingga seluruh warga bisa terlayani, walaupun tidak sesuai harapan kebutuhan maksimal.

Kepada seluruh warga kota Kupang, Noldi, berharap kiranya bisa memahami kendala yang dialami oleh pihak PDAM Kota Kupang karena disebabkan oleh faktor alam dan keterbatasan mata air yang ada dalam wilayah kota Kupang ini. Sehebat apapun dan sebagus apapun proigram yang dilakukan oleh pihak PDAm, namun, jika dengan keterbatasan mata ir dan dengan kecilnya debit air yang ada, tentu belum bisa mengatasi masalah air bersih bagi seluruh warga.

Pihak PDAM Kota Kupang, berharap, dengan adanya upaya Pemerintah Kota Kupang, untuk membuat bendungan Kolhua, akan sangat-sangat membantu mengatasi masalah air bersih bagi warga kota Kupang. Oleh karena itu, seluruh warga kota kupang kiranya mendukung upaya-upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Kupang agar bendungan Kolhua bisa dilakukan.

Harapan satu-satunya yang terbaik untuk bisa memperoleh air bersih yang maksimal adalah bendungan Kolhua. Jika Masyarakat mendukung adanya bendungan Kolhua, maka, kedepannya, warga kota Kupang pasti terlayani air bersih dengan lancar sesuai kebutuhan yang diinginkan.

Dengan wajah penuh semangat, Noldy, mengatakan, walaupun dengan kondisi alam dan masalah mata air yang minim, pihak PDAM tetap tidak tinggal diam untuk berusaha semaksimal mungkin untuk melayani kebutuhan air bersih bagi warga kota Kupang.

Noldy, mengakhiri, kritik dan saran yang ditujukan kepada Pihak PDAM Kota Kupang, merupakan masukan yang amat bernilai dan dijadikan motivasi utama untuk bekerja keras bersama seluruh karyawan yang ada, guna bisa menemukan masa depan air bersih yang cukup dan maksimal, sehingga kedepannya nanti, warga kota Kupang sejahtera dalam menerima pelayanan air bersih sesuai harapan. ( EXPOS NTT.002).




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: