Bela Diri Ini Cocok Buat Wanita Hadapi Begal

TEMPO.CO , Makassar: Awalnya Muhammad Izzul, 12 tahun, mengenal gerakan-gerakan wing chun saat menonton film Ip Man. Begitu pula Muhammad Al Faqih, 21 tahun, yang juga tertarik wing chun setelah menonton film atau video tentang bela diri ini. Mahasiswa Jurusan Ekonomi Islam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar ini lantas mencari komunitas yang bisa menaungi hobinya itu. “Bela diri sebagai bekal melindungi diri dari aksi kejahatan di jalan,” ujar Faqih.

Kini, pencinta wing chun bisa menyalurkan hobinya, apalagi kejahatan di jalanan semakin marak seperti muculnya begal motor. Kelompok Wing Chun Martial Arts Community Makassar yang mulai hadir di Makassar sejak November 2014 didirikan Muhammad Taufik. Wing chun adalah seni bela diri yang metodenya menggunakan ketenangan, ketepatan, dan kecepatan pada jarak yang pendek atau jarak sangat dekat. “Wing chun dapat diartikan dengan keindahan musim semi,” kata lelaki 32 tahun ini. Pendiri sekaligus pelatih ini belajar wing chun di Surabaya.

Wing chun adalah ilmu bela diri Cina yang diturunkan oleh pendekar dari kuil Shaolin, Ng Mui. Ng Mui adalah salah satu dari lima guru kungfu yang berhasil keluar dan menyelamatkan diri saat Shaolin dimusnahkan pada Dinasti Yoan.


TAG


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: