DIREKTORAT WARISAN DAN DIPLOMASI BUDAYA KEMENDIKBUD, BPNB BALI. SOSIALISASI WBTB DI KUPANG-NTT

PENCATATAN DAN SOSIALISASI WBTB
(MENJARING TOKOH PELESTARI DAN MAESTRO SENI)

NTT-EXPOS.COM.Kupang-NTT.06 Juli 2015.Pkl.13.00.Wita.

P1080344Bertempat di Aula Cendana, LPMP Provinsi Nusa Tenggara (6 Juli 2015) dilaksanakan kegiatan Pencatatan dan Sosialisasi WBTB (Menjaring Tokoh Pelestari dan Maestro Seni. Kegiatan ini merupakan program Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dilaksanakan oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya Bali (BPNB Bali wilayah kerja Bali, NTB, dan NTT).

Kebudayaan dapat dikelompokkan Budaya Benda (tangible) warisan budaya bersifat kebendaan berupa Benda Cagar Budaya, Bangunan Cagar Budaya, Struktur Cagar Budaya, Situs Cagar Budaya, dan Kawasan Cagar Budaya di darat dan/atau di air yang perlu dilestarikan keberadaannya karena memiliki nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, dan/atau kebudayaan melalui proses penetapan.

Budaya Takbenda (intangible) adalah seluruh hasil perbuatan dan pemikiran yang terwujud dalam identitas, ideologi, mitologi, ungkapan-ungkapan konkrit dalam bentuk suara, gerak, maupun gagasan yang termuat dalam benda, sistem perilaku, sistem kepercayaan, dan adat istiadat di Indonesia.

Berdasarkan Konvensi UNESCO tahun 2003 tentang Safeguarding Intangible Cultural Heritage, Ratifikasi Konvensi UNESCO tahun 2003 melalui Peraturan Presiden nomor 78 tahun 2007, dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 106 tahun 2013 tentang Warisan Budaya Takbenda Indonesia bahwa yang dimaksud Warisan Budaya Takbenda (WBTB) adalah segala praktik, representasi, ekspresi, pengetahuan, keterampilan — serta alat-alat, benda (alamiah), artefak dan ruang-ruang budaya terkait dengannya — yang diakui oleh berbagai komunitas, kelompok, dan dalam hal tertentu perseorangan sebagai bagian warisan budaya mereka.

Warisan Budaya Takbenda ini, yang diwariskan dari generasi ke generasi, senantiasa diciptakan kembali oleh berbagai komuniti dan kelompok sebagai tanggapan mereka terhadap lingkungannya, interaksinya dengan alam, serta sejarahnya, dan memberikan mereka rasa jati diri dan keberlanjutan, untuk memajukan penghormatan keanekaragaman budaya dan daya cipta instani.

Kategori WBTB menurut Konvensi UNESCO meliputi: tradisi dan ekspresi lisan, termasuk bahasa sebagai wahana warisan budaya takbenda; seni pertunjukan; adat istiadat masyarakat, ritus, dan perayaan-perayaan; pengetahuan dan kebiasaan perilaku mengenai alam dan semesta; dan kemahiran kerajinan tradisional.

Pelestarian Warisan Budaya memberikan rasa identitas dan keberlanjutan, membantu manusia memahami dunianya dan memberikan makna pada kehidupan dan cara manuisia hidup bermasyarakat. Bahwa pelestarian warisan budaya bertujuan member identitas (jati diri) (conservation goal), edukasi (public awareness), dan kesejahteraan (people welfare).

Pemberian penghargaan di bidang kebudayaan dengan criteria anugerah seni; pelestari dan pengembang warisan budaya; anakpelajar/remaja yang berdedikasi terhadap kebudayaan; dan maestro seni tradisi (BPNB berperan mendorong pemda tentang tindak lanjut pengahugerahan maestro di daerah). Dalam hal ini Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mencanangkan program Belajar Bersama Maestro (BBM) diharapkan setiap BPNB untuk menyiapkan program pendamping dan pendataan terhadap Maestro.

Peran serta pemerintah diharapkan menggairahkan pencatatan WBTB melalui Dinas bidang Kebudayaan di Provinsi dan 11 BPNB (Balai Pelestarian Nilai Budaya) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Penghargaan pelaku budaya/tokoh melalui apresiasi pemerintah kepada individu/ kelompok masyarakat yang segala tindaknya baik secara langsung atau tidak langsung memberikan kontribusi nyata terhadap upaya-upaya pelestarian dan pengembangan kebudayaan Indonesia. Mendorong terwujudnya penerapan nilai-nilai budaya dalam rangka pembangunan kebudayaan berdasarkan nilai-nilai luhur dalam merespon tuntutan global. ( NTT-EXPOS.COM.001)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: