FILM LAYAR LEBAR DAN BAKAT AKTING ORANG NTT. OLEH : DR. HENGKY KALUGE, M.PD.

NTT EXPOS.COM.Kupang,24/09/2015.

“ Salut jika banyak perusahan dari Jakarta yang datang dan memproduksi film diwilayah Nusa Tanggara Timur. Dan di pulau Timor ini, pernah dilakukan Produksi Film di perbatasan, kalau tidak salah berjudul Tanah Air Beta. Walaupun masih banyak masyarakat di pelosok-pelosok pulau Timor yang belum menontonnya, namun film ini sudah diputar meluas secara Nasional. Film yang dibuat untuk bioskop ini juga telah dikenal luas lewat media internet “. Hal ini diungkapkan oleh Pemerhati Film Daerah NTT, Dr.hengky Kaluge M.Pd, ketika ditemui di halaman Universitas Widya Mandira Kupang, beberapa waktu lalu.

ORANG NTT JANGAN HANYA DIJADIKAN FIGURAN NUMPANG LEWAT.

Terkait dengan adanya rencana produksi film di perbatasan Kefa-Atambua-Timor Leste, yang dilakukan oleh Suatu Perusahan Film Nasional, yang kini sedang melakukan Casting pemain berkeliling kota Kupang, sebagai warga NTT yang peduli terhadap dunia Film, Doktor Muda ini sangat mengharapkan kepada pihak produser, kiranya anak-anak NTT yang telah banyak dicasting dan yang benar-benar berbakat akting, jangan hanya dipakai untuk figuran numpang lewat saja, tetapi minimal bisa menjadi pemeran pembantu dalam film-film yang diproduksi di NTT.

Menurutnya, anak-anak NTT, sudah cukup pengalaman dengan dunia akting dan juga kalau kategori kecantikan atau ketampanan, orang-orang NTT tidak kala hebat dari artis-artis Nasional. Kalau dipoles dengan bagus lagi, tentu orang-orang NTT akan semakin profesional dalam dunia akting film..

BUDAYA, TRADISI ORANG NTT, PASTI AKAN MENARIK MINAT PENONTON

Karena semakin majunya peradaban hidup kita di kota-kota besar, maka budaya-budaya dan tradisi unik dari daerah-daerah terpencil, sangat dirindukan oleh banyak orang. Tradisi-tradisi unik akan menarik hati jika ditonton. Oleh karena itu bagi pihak produser yang akan memproduksi film layar lebar di wilayah Timor, kiranya bersedia memasukan budaya dan tradisi wilayah Timor, tapi diharapkan jangan hanya sebagai pemanis ceritera ban kepentingan bisnis semata sehingga ada yang dipangkas atau ditambahkan, tetapi, harus dengan niat sungguh untuk memperkenalkan dan melestraikan Budaya asli orang Timor-NTT, sesuai keasliannya, sehingga dikenal luas secara Nasional maupun Internasional. Orang NTT sangat menghormati Budaya dan Tradisinya, apabila dipaparkan tidak sesuai maka tentu akan mendapat protes keras dari masyarakat NTT.

PERLU KERJASAMA DENGAN SENIMAN NTT UNTUK KEMAJUAN FILM DI NTT
Para seniman di NTT sangat banyak, ada yang Sastrawan yang sudah dikenal secara Nasional bahkan Internasional, ada Budayawan yang kawakan berstandar Nasional, ada seniman drama dan tetaer yang cukup punya nama di NTT dan Nasional. Oleh karena itu, bagi setiap perusahan Film yang akan melakukan produksi Film di NTT, perlu menggandeng para Sastrawan,Budayawan dan seniman-seniman yang ada, sehingga, keterlibatan aktif mereka akan mendapati pengalaman-pengalaman produksi film berstandar nasional. Dan dengan pengalaman yang ada, para seniman kita akan berkarya membangun NTT lewat Film-Film yang berstandar nasional. Kalau adanya kerjasama yang baik, dan dengan pengalaman yang diperoleh para seniman yang terlibat, itu artinya para pengusaha film nasional telah memberikan kontribusi yang sangat berarti bagi NTT. ( NTT EXPOS.002).




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: