INGIN SUKSES DALAM PROGRAM PEMBANGUNAN ? LIBATKAN MASYARAKAT SECARA AKTIF

“Agar rakyat kita hidup lebih baik, maka pembangunan harus diarahkan pada peningkatan kesejahteraan masyarakat , yang berfokus pada penanggulangan kemiskinan, penanganan masalah penyandang kesejahteraan social, perlakuan hukum yang adil serta penyelenggaraan pemerintahan dengan prinsip yang angkutabel, transparansi dan partisipatif “. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Komisi A DPRD Kota Kupang, Zeyto Ratuarat, ketika diwawancarai wartawan Exodus Pos, di ruang kerjanya, pada beberapoa waktu yang lalu.

Menurutnya, arah kebijakan pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Kupang, untuk periode 2013 hingga 2017, sangat baik dan focus pada upaya kesejahteraan rakyat kota Kupang, namun harus selalu dikawal dengan benar, sehingga bisa tercapai sesuai apa yang diharapan.

Kata Zeyto, mencermati kehidupan masyarakat kota Kupang dewasa ini, maka sangat diharapkan perhatian serius dari Pemerintah Kota Kupang, untuk melakukan upaya-upaya program peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat dengan cara memberdayakan dan meningkatkan SDM masyarakat yang berkualitas dan berdaya guna menghadapi tantangan hidup yang semakin kompleks. Tanpa SDM yang baik, masyarakat tidak mungkin bisa berusaha secara benar dan terarah , guna memperbaiki kondisi ekonomi hidupnya.

Dia menambahkan, Pemerintah juga harus meningkatkan pelayanan public yang bermutu dan tidak mempersulit berbagai urusan rakyat yang bertujuan untuk membangun ekonomi keluarganya. Pemerintah juga harus menegakan hukum secara adil tanpa pandang bulu, membangun Infrastruktur perkotaan yang memadai yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan social masyarakat kita.
Dia menambahkan, dalam mengelolah pemerintahan yang baik, harus ada legatimasi politik, kerjasama yang bersinergi dengan lembaga masyarakat sipil, akuntabilitas birokratis dan keuangan, management sector public yang efisien dan sistim yudisial yang adil dan dapat dipercaya. Tanpa semuanya itu, maka rasanya pemerintah akan pincang dalam menjalani pemerintahan untuk melayani masyarakatnya.

Zeyto, mengharapkan, dalam melaksanakan pembangunan, kiranya pemerintah kota Kupang, melibatkan masyarakat secara aktif. kata Zeyto, tata Pemerintahan adalah penggunaan wewenang ekonomi, politik dan administrasi, guna mengelola urusan-urusan Negara pada semua tingkat.

Tata Pemerintahan mencakup seluruh mekanisme, proses dan lembaga-lembaga, dimana warga dan kelompok masyarakat, mengutarakan kepentingan mereka, menggunakan hak hokum, mnemenuhi kewajiban dan menjembatani perbedaan-perbedaan diantara mereka. Oleh karena itu partisi aktif dari masyarakat sangan penting dalam mendukung suksesnya pembangunan suatu daerah.
Ditambahkannya, pemerintah telah mempersiapkan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 9 Tahun 1998 tentang Tata Cara Peran serta Masyarakat Dalam Proses Perencanaan Tata Ruang di Daerah.

Dalam perundangan tersebut di amanatkan bahwa untuk penyelenggaraan penataan ruang dilaksanakan oleh Pemerintah dengan mengikutsertakan peran serta masyarakat. Peran dan keikutsertaan masyarakat dalam melaksanakan dan mengamankan aturan tersebut amat sangat penting artinya karena hasilnya akan dinikmati kembali oleh masyarakat di wilayahnya, tandas Zeyto, mengakiri pembicaraan. ( NTT-EXPOS.002).




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: