KADIS PARSENIBUD BELU : TARI LIKURAI MILIK RAKYAT KABUPATEN BELU !

ntt-expos.com. Kupang, 22 Mei 2016.

DSCF3879“ Likurai berasal dari Basaha Tetun, yakni, Liku artinya mengelili dan Rai artinya Tanah, sehingga Likurai berarti, menjaga bumi atau menjaga Tanah Air. Bahasa asli orang Belu adalah Tetun, sehingga sudah pasti bahwa Tarian Likurai itu adalah milik Rakyat Belu. Dulu orang Fehan atau orang Malaka juga adalah masyarakat Belu. Kerena pengembangan wilayah maka Rakyat Malaka menjadi satu Kabupaten sendiri. Sehingga Tarian Likurai juga ada disana. Untuk mengetahui perbedaan Tari Likurai antara Belu dan Malaka yaitu, orang Malaka menari memukul Tihar berukuran agak besar dan peronggengnya memakai giring-giring dikaki, sedangkan orang Belu memiliki Tihar dengan ukuran standar kecil dan peronggengnya menari tidak pakai girinbg-giring di kaki “. Inilah pernyataan Kepala Dinas Pariwisata dan Seni Budaya Kabupaten Belu, Dominikus Hale, kepada wartawan media ini, di kantornya pada beberapa waktu lalu

Katanya,.pemerintah kabupaten Belu akanmembuat peraturan daerah yang membedakan mana tarian Likurai cirikhas Masyarakat Belu dan Mana Tarian Likurai yang bercirikhas Malaka atau daerah lainya.

Dia menambahkan, Tarian Likurai juga ada di beberapa daerah lain seperti di beberapa daerah Timor Leste, di Daerah TTU Dawan dan Malaka, maka sebagai pemilik Tarian ini, Pemerinta Kabupaten Belu akan membuat Perda tentang Cirikhas asli berdasarkan fakta-fakta kepemilikan aslinya.

“ Kami inginkan agar Tarian ini tidak berhenti digenerasi ini tapi diwariskan pada generasi berikutnya, sampai dunia ini berakhir sekalipun “, ucap Dominikus.DSCF4026

Katanya lagi, Pemerintah akan berusaha agar Likurai dimasukan dalam Mulok disetiap sekolah baik Tingkat SD sampai pada tingkat SLTA. Pemerintah , lewat Dinas yang dipimpinnya, akan selalu melakukan festival yang melibatkan sanggar-sanggar, masyarakat dan anak-anak sekolah dalam berbagai tingkatan ferstival dan perlombaannya.

“ Dalam Ujian Pratek Seni Budaya di sekolah-sekolah, kita akan berusaha mendorong pihak sekolah agar anak-anak sekolah , melakukan tarian ini untuk memperoleh nilai studinya. Inilah upaya kami kedepannya “, ucapnya mengakhiri pembicaraan.
( NTTEXPOS.002).




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: