KETUA SUKU BESAR TODA :MIKAEL MURA “ SUKU PAU DAN SUKU TODA SELAU BERSATU ERAT SAMPAI KAPANPUN”

Ntt-expos.com. Liputan Khusus, Jessie dan Indra, dari Pautola,Juli 2016.

DSCF4283Sejak ratusan tahun lalu, kedua nenek moyang kami, telah melakukan kesepakatan, berdasarkan hubungan perkawinan dan adat yang sama dan mengikat, bahwa, suku Pau dan Suku Toda, adalah satu dan tak boleh dipisahkan. Karena jika tu terjadi, maka, akan datang banyak musibah yang melanda kehidupan kedua suku kami. Bahkan bisa menyebabkan kematian sia-sia. Oleh karena itu, berdasarkan isi kesepakatan yang sakral dan keramat, yang tak bisa kami ungkapkan sembarangan, telah menjadi pedoman hidup kami kedua suku besar ini, dalam menjalani kehidupan seturut adat dan tradisi yang kami miliki.

Hal ini diungkapkan oleh ketua Suku besar Toda, Mikael Mura, ketika diwawancarai wartawan media ini, Jessie dan Andre Indra, di sela-sela berjalannya upacara adat Ka Todo, di Kampung Pau, Desa Pautola, kecamatan Keo Tengah, Kabupaten Nagekeo, pada 24 Juli 2016, yang baru lalu.

Lewat media ini, Mikael, mengharapkan keterlibatan aktif dari semua anak-anak suku yang berjumlah 10 Ana Susu, untuk selalu sungguh-sungguh mengikuti dan menghadiri upacara adat Ka Todo, yang sangat bernilai itu.

Katanya, Ka Todo, hendaklah harus dipahami benar sebagai sesuatu yang penting dalam kehidupan orang Paotola, karena memiliki Roh yang kuat untuk menjalin persatuan dan kebersamaan hidup. 1469406454332Dengan semangat Ka Todo, akan mampu mendorong warga Pau dan Toda, membangun hidup menjadi lebih baik dari hari yang lalu, hari kemarin dan hari ini.

Sehingga nilai-nilai luhur peninggalan Leluhur, tetap bersemi dalam hidup 10 suku dalam naungan kedu suku besar Pau dan Toda. Nilai-nilai luhur Upacara Katodo, akan menjadi contoh bagi banyak orang untuk hidup dalam kebersamaan. Upaya pelesatarian tradisi Ka Todo ini, haruslah dilakukan dahulu oleh warga kedua suku besar lewat keterlibatan aktif warga 10 anak suku didalamnya.

( NTTEXPOS,COM).




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: