MENDONGKRAK USAHA MASYARAKAT, ATASI KEMISKINAN !

NTT-EXPOS.COM.21/04/2015.

Perlu adanya program yang memiliki daya dongkrak yang dasyat, sehingga bisa mengangkat segala bentuk usaha yang dimiliki oleh lapisan masyarakat kita. Hal ini diungkapkan oleh, Pemerhati Masyarakat Miskin Kota Kupang, Dr.A.Hengky KJaluge,MPd, ketika di temui wartawan NTT-Expos, di halaman Kampus Unwira Kupang, beberapa waktu lalu.

Kata Dosen Matematika Unwira Kupang ini, keterampilan apa saja yang dimiliki oleh masyarakat kita, perlu mendapat dukungan dari pemerintah, sehingga keterampiulan yang dimiliki itu bisa dikembangkan secara professional dan mendatangkan ekonomi bagi keluarga mereka. “ Sekecil apapun keterampilan yang dikuasai, harus didukung oleh pemerintah. Dana-dana pemberdayaan yang ada, tentu harus sampai ke masyarakat yang benar-benar ingin meningkangkatkan usaha yang ada”, papar Hengky.

Pengamatannya selama ini, di kota Kupang dan kabupaten lainnya dalam Nusa Tenggara Timur maupun, dana-dana pemberdayaan yang digulirkan oleh Pemerintah Provinsi, maupun pemerintah Kabupaten dan Kota, belumlah disertai dengan para pendamping yang professional, sehingga , usaha-usaha yang dilakukan oleh penerima dana-dana tersebut, cenderung menurun dan tidak memperoleh hasil yang memadai.

Penamping harus benar-benar, adalah orang yang profesional diberbagai bidang usaha, sehingga, pendamping itu mampu mengontrol dan membimbing kelompok usaha masyarakat menuju keberhasilan yang baik, tandas Hengky serius.

Kata Hengky, pemerintah juga harus melakukan program pemberdayaan masyarakat yang memiliki daya dongkrak yang dasyat, sehingga, lewat program tersebut, mampu mengangkat dan meningkatkan ekonomi rakyat kecil diberbagai bidang usaha yang dilakukannya.

Dan yang paling utama, Pemerintah juga harus selektif dalam menggulirkan dana-dana pemberdayaan tersebut supaya jangan hanya tepat sasaran tetapi salah orang. Yang diharapkan adalah dana itu tepat sasaran program dan juga tepat pada kelompok masyarakat yang benar-benar mau meningkatkan usahanya.Tanpa selektif dalam memberikan bantuan dana pemberdayaan, maka dana-dana tersebut akan sia-sia dan tidak menentu arahnya, ujarnya.

Hengky juga berharap, agar masyarakat benar-benar mau merobah cara hidupnya dengan melakukan usaha-usaha sesuai keterampilan yang dikuasai. Jika hanya mengharapkan bantuan pemerintah, kapan bisa merobah hidup menuju lebih baik ?.

Menurut Hengky, apabila masyarakat telah memulai usaha, walaupun kecil, namun dengan dasar usaha itu, pasti akan diperhatikan dan dibantu oleh pemerintah dengan dana pemberdayaan yang ada. ( NTT.EXPOS.001).




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: