MIRAS DAN MASA DEPAN GENERASI MUDA

anak muda Miras

Ronda Malam.

Dua malam minggu, bung Ronda NTT Exodus , melakukan perjalanan keliling Kota Kupang. Terlihat di pinggir-pinggir jalan di beberapa lokasi jalan utama kota Kupang, tampak anak-anak remaja asik menikmati MIRAS. Setiap lokasi dengan groupnya masing-masing. Ada kelompok yang bernyanyi sambil nikmati Miras, ada kelompok yang nikmati Miras sambil berniat mencari gara-gara dengan orang-orang yang lewat dijalan tersebut. Dan yang lebih jelek lagi, ada kelompok yang sudah mabuk, mulai ugal-ugalan mengendarai motor roda dua dengan kecepatan tinggi dan bisa terjadi kecelakaan.

Pantaun Pak Ronda, anak-anak muda yang Minum Miras melebihi kemampuan daya tahan fisiknya sehingga mabuk dan terjadilah perkelahian antar teman sendiri. Hal ini menjadi dampak buruk akibat mabuk.

Menurut Pak Ronda, Miras yang berjenis Sopi yang selalu diminum oleh kaum muda di pinggiran jalan utama, adalah jenis minuman khas adat NTT, yang layaknya diminum oleh orang-orangtua, namun yang terjadi, para kaum muda selalu mengkonsumsi sopi lebih dari kekuatan fisik mereka. Hal ini sangat memprihatinkan, sebab jika sudah mabuk, mereka dapat melakukan hal-hal yang tidak di inginkan.

Oleh karena itu, kiranya pemerintah dan aparat kekaman malam hari, harus bisa mengawasi para anak-anak muda yang kerap kali minum di emperan-emperan toko pinggiran jalan raya utama, karena jika mereka sudah mabuk maka orang-orang yang melewati jalan raya itu merasa tidak nyaman.

Pak ronda berharap, para orangtua, pemerintah dan pihak keamanan, bisa bekerjassama dalam menbgawasi anak-anak belasanb tahun yang kerap kali selalu dudk minum Miras di pinggrran jalan.

Pantaun Pak Ronda, banyak masalah criminal terjadi oleh karena seseorang telah mabuk. Segala kejahatan bisa dilakukan jika seseorang sudah mabuk yang tak terkendali.

Harapan pak Ronda, semoga aparat keamanan, bisa menertibkan anak-anak belasan tahun yang kerap kali minum-minum di pinmggiran jalan raya utama dan emperan-emperanb toko.

Kalau kaum muda banyak yang suka inum Miras, maka harapan adanya Generasi Muda yang berkualitas membangun Daerah, akan menjadi sia-sia. ( NTT EXPOS.003.).




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: