Okezone.com. Sabtu, 4 Juli 2015 – 10:03 wib. Rekor Buruk Hantui Cile saat Jumpa Argentina

The Chile squad leaves the pitch during first half time of their quarter-finals Copa America 2015 soccer match against Uruguay at the National Stadium in Santiago, Chile, June 24, 2015. REUTERS/Henry Romero

Cile harus melupakan rekor buruk mereka terhadap Argentina (foto: Reuters)
A. Firdaus
Jurnalis

SEPAKBOLA .Sumber Berita dari Okezone.com.Cile sedang naik daun. Mereka menaklukkan Spanyol di Piala Dunia 2014 dan hanya kalah adu penalti oleh Brasil. Menjadi tuan rumah Copa America 2015, merupakan momentum kebangkitan sepakbola La Roja.
Tekad itu diharapkan bisa dijaga, mengingat lawan di final adalah Argentina, pengoleksi terbanyak trofi Copa America setelah Uruguay. Selain itu, Cile dihantui dengan rekor buruk.
Secara keseluruhan, Cile tak pernah mengalahkan Argentina di Copa America. Lima kali imbang dan 19 kali kalah, termasuk kekalahan aneh mereka di Copa America 1942. Pertandingan tersebut dihentikan pada menit 41 dan Argentina dinobatkan sebagai pemenang.
Cile juga kalah sembilan kali dari Argentina dalam 10 pertemuan terakhir. Sementara untuk partai final, ini pertemuan pertama kalinya kedua tim.
Alexis Sanchez Cs punya modal untuk bisa mewujudkan gelar pertama setelah empat dalam empat kesempatan gagal angkat trofi. Skuad mumpuni dengan diisi para pemain yang merumput di Eropa, menjadi momentum bagi Jorge Sampaoli membuat gelar perdana di mata dunia.
Lain Cile, lain pula Argentina. Tim dengan sederet bintang dunia ini tengah mengakhiri rasa penasarannya. Dalam dua tahun terakhir mereka memang mampu maju ke final (Piala Dunia dan Copa America), namun baru ada kekecewaan yang hadir.
Untuk itu Lionel Messi dan kawan-kawan harus bisa mengakhirinya dengan senyuman. Senyum karena bisa mengangkat trofi Copa America yang belum mereka sentuh sejak 22 tahun silam. Terakhir kali Argentina mencicipi gelar Copa America pada 1993.
Performa menanjak terus ditunjukkan Albiceleste arahan Gerardo ‘Tata’ Martino. Dari delapan pertandingan terakhir, Argentina belum menelan kekalahan. Argentina terakhir kali mengalami kekalahan atas Portugal 0-1 tahun lalu.
Di Copa America, Argentina hanya sekali mencicipi kekalahan, yaitu saat ditaklukkan Brasil di final Copa America 2007. Mereka hanya kalah di luar waktu normal, atau melalui adu penalti, yaitu pada final 2004 melawan Brasil dan perempatfinal 2011 melawan Uruguay.
Berikut fakta menarik jelang final Copa America 2015, seperti dilansir Goal:
-Ini menjadi pertemuan pertama antara Cile dan Argentina saling berhadapan di final Copa America
-Cile mencapai final keempatnya di Copa America.
-Cile telah mengalami Sembilan kekalahan dari 10 pertandingan melawan Argentina, bahkan mereka tak bisa membobol gawang Argentina di enam laga terakhir di Copa America.
– Sebaliknya, Argentina telah menjaringkan 12 gol dari 13 kali pertemuan dengan Cile di Copa America. Dengan kata lain, 2,3 gol per pertandingan Argentina menjebol gawang Cile.
-Menjadi tuan rumah tak menjamin buat Cile bisa mengalahkan Argentina, sebab dari tujuh kali bermain di kandang sendiri, Cile tiga kali kalah dan sisanya imbang.(fir)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: