PEMKOT KUPANG DIMINTA AKTIFKAN SISKAMLING

ntt-expos.com. Kupang, 8/02/2018.RONDA KOTA.

Anjing menggonggong kavila berlalu. Kejahatan malam berjalan terus Pemkot Kupang terkesan diam. Begitulah kiranya pepatah yang bisa diungkapkan. Mengapa ? sebab kekerasan dan perampokan yang sering terjadi dilokasi penghijaun jalan menuju bandara Eltari Kupang, sudah sangat mencemaskan warga kota Kupang namun Pemkot Kupang belum mengambil langkah-langkah untuk pengamananya.

Lokasi penghijauan yang berdekatan dengan bukit cinta, sering terjadi perampokan kendaraan bermotor dan kekerasan terhadap pengendara motor yang lewat ditempat itu, Kini wilayah tersebut sangat menakutkan bagi warga yang ingin melintasi wilayah tersebut pada malam hari.

Ramai masyarakat kota kupang membicarakan hal ini di media sosial, tentang kejadian-kejadian yang manukutkan antara lain , pernah terjadi seorang lelaki pengendara motor metik berwarna hijau mengejar seorang wanita pengendara motor beat putih, lelaki itu mendekati dan mencakar buah dada wanita tersebut hingga luka berdarah.
Ada juga pengendara motor yang sedang berboncengan tiba-tiba dihadang oleh sekelompok orang, lalu mereka merampok HP dan uang jutaan rupiah serta motor yang dikendarai, kemudian para pelaku mengancam dan mengusir pergi pengendara motor bersama teman yang diboncengnya itu.

Kejadian-kejadian ini sering terjadi pada malam hari antara jam 8 sampai jam 11 malam. Hal ini sangat viral dibicarakan oleh warga kota Kupang di media sosial namun Pemkot Kupang belum mengambil langkah pengamanan disekitar lokasi itu.
Menurut pengakuan beberapa warga yang tinggal dekat Lokasi tersebut, yaitu, Frans ( 35 Tahun) dan Niko ( 52 tahun), kepada media ini, mengatakan, beberapa hari lalu sekitar jam 11 malam, masih terjadi tindak kejahatan terhadap seorang wanita pengendara motor metik bernama Yanti ( 18 Tahun).

Frans dan Niko menceriterakan, Yanti ditarik hingga jatuh terjungkal bersama kendaraanya tepat dihadapan cabang jalan masuk Lembaga Pemasyarakatan Penfui. Frans dan Niko yang kebetulan sedang berpapasan dari belakang langsung berhenti dan menolong Yanti, pelaku langsung berlari masuk ke lokasi penghijauan dan menghilang dalam kegelapan. Frans dan Niko menduga sang pekau hendak merampok, namun karena melihat keduanya maka pelaku pun kabur pergi.

Menurut pengakuan Yanti kepada Frans dan Niko, dari jauh dia melihat seseorang menyeberang jalan dari arah penghijauan lalu menghilang di cabang LP, ketika Yanti mendekat cabang itu, tiba-tiba orang tersebut melompat dari kegelapan dan langsung menarik tanganya yang sedang memegang stir, karena kehilangan keseimbangan Yanti pun jatuh bersama kendaraanya. Kaki dan tangan serta pelipisnya terluka parah. Frans dan Niko pun langsung menolong Yanti kerumah sakit untuk mendapat pengobatan.

Menurut pantauan Bung Ronda Kota media ini, lokasi-lokasi kota Kupang yang sering terjadi perampokan,Pemalakan dan kekerasan terhadap warga dimalam hari adalah wilayah sekitar pulau indah, jalur jalan raya melintasi Hotel Neo Asthon, Lokasi Bukit Cinta dan Lokasi penghijauan yang merupakan jalan menuju simpang cabang masuk area bandara Eltari. Oleh karena itu, pemerintah kota Kupang hendaknya merespon kejadian-kejadian yang dialami warga kota dan meningkatkan pengamanan malam hari.

Lewat media ini, warga yang ditemui dibeberapa lokasi yang sering terjadi kejahatan malam hari, meminta kepada pemerintah Kota Kupang, agar kembali mengaktifkan Sistim Keamanan Lingkungan ( SISKAMLING), sehingga warga dilibatkan secara aktif untuk menjaga dan mengamankan wilayahnya masing-masing.
“ Jika Siskamling diaktifkan kembali, maka warga kota akan merasa nyaman beraktifitas dimalam hari. Maling dan Begal akan takut melakukan aksi-aksi kejahatan mereka, “ Ucap beberapa warga yang dijumpai dibilangan Pulau Indah Oesapa Kupang. BUNG RONDA KOTA ( BUNG ROTA ). NTT EXPOS.COM.003.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: