PUSBANG FILM KEMENDIKBUD : “ DORONG KREATIFITAS INSAN PERFILMAN NTT UNTUK PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER “.

ntt-expos.com.Kota Kupang 02 April 2018.

Kehadiran Pusat Pengembangan Perfilman  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  di Provinsi Nusa Tenggara Timur, mendapat respon serius dari para Insan Perfilman NTT. Puluhan Komunitas Film Dokumenter dan Komunitas Film Fiksi di NTT, sangat antusias mengikuti berbagai program yang telah dilaksanakan oleh pihak Pusbangfilm  Kemendikbud pada dua tahun terakhir ini.

Hal ini diungkapkan oleh Pejuang Perfilman Nusa Tenggara Timur,  Pieter Kembo, ketika diwawancarai oleh media ini disela-sela kegiatan Rapat Koordinasi Kebudayaan  di AULA Kantor Dinas Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur,  pada beberapa hari yang lalu.

Pieter  Kembo, yan juga adalah Dramawan NTT sekaligus Penulis Skenario Drama dan Film , mengatakan, sebagai seniman, dirinya sangat berterimakasih atas kehadiran Pusbangfilm Kemendikbud di NTT  sejak tahun 2017 yang lalu dan   tahun 2018 ini.

Pieter  yang juga adalah salah satu Budayawan NTT, mengatakan, pada tahun 2017 lalu, Pusbang Film telah melakukan kegiatan pemutaran Film di 4 titik dalam pulau Timor, yaitu, di Amarasi Kabupaten Kupang desa Tunbaun, di Tablolong Kupang Barat, di Naioni Kota Kupang dan di Dusun Bonen Baumata kabupaten Kupang. Kehadiran masyarakat dalam jumlah yang banyak menonton film , membuktikan masyarakat NTT sangat membutuhkan film-film yang bernilai pendidikan untuk memperkokoh persatuan dan rasa cinta tanah air yang mendalam.

Kehadiran Pusbang Film dalam Kegiatan Pemutaran Film Pendidikan Berkarakter, yang saat itu dipimpin oleh Wakil Kepala Pusbang Film Kemendikbud , Abang Sanggupri M.Hum dan belasan Karyawan lainya, telah membuat masyarakat NTT  memahami pentingnya perfilman bagi upaya penguatan pendidikan karakter, sehingga saat ini, masyarakat NTT masih merindukan kegiatan tersebut bisa dilakukan lagi di NTT. “  Kegiatan Putar Film itu bertujuan untuk menguatkan pendidikan karakter dalam kehidupan berbangsa dengan semangat cinta NKRI. Semoga Pemerintah  NTT bisa bekerja sama dengan Pusbangfilm untuk peningkatan kegiatan tersebut   “, tandas Pieter.

Pieter menjelaskan lagi, pada tahun lalu , Kepala Pusbang Film Kemendikbud, Dr.Maman Wijaya, hadir di Kupang dan memberikan sosialisasi bentuk-bentuk program dari Pusat Pengembangan Perfilman kepada puluhan Komunitas Film  yang ada di NTT, bertempat di Hotel Papa Jhon, yang dilaksanakan  oleh Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Provinsi NTT. Saat itu Kepala Pusbang Film membuka ruang yang luas bagi anak-anak NTT yang ingin meningkatkan bakat perfilmanya, sehingga sampai saat ini sudah puluhan anak-anak NTT yang mendapat pelatihan bidang perfilman dan salah satu anak NTT telah Lulus dan mendapat Beasiswa Unggulan  kuliah di IKJ selama 4 tahun.

Kata Pieter, kini ditahun 2018 ini, pihak Pusbangfilm masih membuka kesempatan  bagi masyarakat Insan Perfilman NTT, agar mengambil bagian dalam berbagai bentuk program fasilitasi bantuan peningkatan kualitas insan perfilman . Oleh karena itu, kepada masyarakat NTT yang berminat, boleh mengikutinya. “ Termikasih Banyak kepada pihak Pusbang Film, yang tidak pernah lelah memperjuangkan program-program untuk membangun dan meningkatkan kualitas insan perfilman di NTT” ucap Pieter mengakhiri. ( NTTEXPOS.08).




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: