Putra Jokowi Nikah, Pemkot Solo Siapkan 300 Becak

SOLO – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menyiapkan sekira 300 becak, untuk mendukung pesta pernikahan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) 11 Juni depan. Moda transportasi tenaga manusia ini, difungsikan sebagai feeder untuk mengantarkan tamu dari lokasi parkir ke lokasi resepsi di Graha Sabha Buana.
Sementara ini lokasi parkir dipusatkan di dua titik, jelas Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, masing-masing Lapangan Sumber dan Banyuanyar berjarak sekira 500 meter dari Graha Sabha Buana. Masing-masing lapangan, berkapasitas sekira 100 kendaraan roda empat, dan jika dirasa masih kurang, tambahnya menjawab wartawan, di Loji Gandrung, Jumat (22/5), dicadangkan halaman Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bhineka Karya.
Dengan posisi parkir yang agak jauh dari lokasi resepsi, tambah Hadi Rudyatmo yang juga dipercaya jadi panitia pernikahan Gibran Rakabuming dengan Selvi Ananda, diperlukan transportasi pendukung. “Nanti disediakan sekira 200 atau 300 becak, dan seluruh pengemudi mengenakan busana tradisional kombinasi surjan lurik dan blangkon,” ujar pria yang akrab disapa Rudy ini.
Dia mengaku belum mengetahui secara persis jumlah undangan yang disebar, namun berbagai fasilitas pendukung mesti disiapkan agar perhelatan akbar itu berjalan lancar. Sejauh pemahamannya, resepsi pernikahan Gibran-Selvi akan dilangsungkan dalam tiga gelombang dengan model standing party. Itu artinya, tamu akan datang bergiliran sesuai jam yang tertera dalam undangan, sehingga tak terjadi konsentrasi parkir dalam waktu bersamaan.
Hingga saat ini, lapangan Banyuanyar dan Sumber sudah siap dimanfaatkan untuk lokasi parkir, serta dilengkapi dengan lampu penerangan. Demikian pula aspal di beberapa ruas jalan raya sekitar Graha Sabha Buana yang sempat mengelupas akibat banjir beberapa pekan lalu, telah diperbaiki dengan tambal sulam.
(mbs)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: