Selamatkan Generasi Harapan Bangsa ? Tertibkan Kegiatan Muda-Mudi Bawah Umur Di Malam Hari

Exodus Pos Online. Ronda Malam

Pantauan Tim Ronda Kota, Exodus Pos, sepekan terakhir,  mendapat pengalaman-pengalaman yang luar biasa. Remaja-remaja dibawah umur yang seharusnya selalu mendapat perhatian orang tua, ternyata banyak yang berkeliaran diatas jam 12 malam. Ada yang ditemukan sedang asik miras ria bersama sang pacar dan ada juga bermiras ria bersama bapa-bapak yang mencari hiburan dimalam hari, mulai dari pusat kota kupang sampai ke pinggirahn kota Kupang.

Ketika seluruh warga kota Kupang  tertidur lelap, disaat yang sama juga terlihat remaja-remaja bawah umur sedang asik bermiras ria dan ada kelompok-kelompok remaja yang sedang bergoyang dipesta muda-mudi yang disebut Parti. Dengan alasan Parti, para remaja dibawah umur ini bebas konsumsi Miras.

Pantai Tedis Bar, pantai Ketapang satu, pantai  Lopo-lopo di Oesapa, penuh dengan remaja-remaja belasan  tahun yang asik miras di tengah malam.

Menurut pengakuan dari beberapa remaja bawah umur yang ditemui Tim Ronda Malam Exodus Pos di Lokasi-lokasi tersebut, mengatakan, mereka sebenarnya ingin berubah dan bersekolah, namun mereka terikat dengan ajakan-ajakan para pemudsa untuk menggasak bapak-bapak hidung yang punya banyak uang.

SENGAJA BERTEMAN UNTUK MENCARI UANG UNTUK MIRAS

Mereka juga mengaku, para pemuda-pemuda yang sering Miras di Pinggiran jalan,  yang dikenal sebagai teman bahkan pacar, juga selalu menjebak mereka untuk memeras bapak-bapak hidung belang.

Cara yang dilakukan adalah, mereka dipaksa merayu bapak-bapak hidung belang untuk diberikan uang dengan janji bermesraan. Setelah sang bapak terpedaya, dan memberikan uang, maka, uang itu diambil paksa oleh para pemuda tersebut. Lalu modus yang berikut adalah sang pemuda menyuruh para perempuan dibawah umur ini pergi meninggalkan para bapak-bapak hidung belang tersebut. Hal ini terjadi hampir setiap malam demi melayani keinginan para pemuda-pemuda itu.

 “ kalau kami tidak mau melakukan suruhan para pemuda itu, kami akan di pukul bahkan di ancam akan dibunuh. Kami takut jadi terpaksa kami lakukan hal  tersebut. Uang hasil tipu daya kami, dipakai untuk miras oleh pemuda-pemuda itu “, ucap JN.

KAMI INGIN MENGHINDARI TAPI TAKUT ANCAMAN PARA PEMUDA

Sementara pengakuan salah seorang wanita bawah umur, PA, dia sebenarnya tidak mau keluar malam hari, tetapi, pemuda-pemuda pinggir jalan itu selalu ancam lewat SMS, mereka mengatakan kalau tidak mau, mereka akan mencari dan memukul kami, sehingga, kami takut dan terpaksa menuruti keinginan mereka.

BERHARAP APARAT KEMANAN TERTIBKAN PARA PEMUDA YANG SUKA MIRAS

Kepada para aparat kemanan, PA, berharap, adanya patroli dimalam hari untuk mencegah para pemuda yang selalu menggunakan remaja bawah umur untuk mendapati uang dengan cara menipu para bapak hidung belang. Katanya, pemuda-pemuda itu selalu Miras dengan uang hasil tipu daya kami terhadap bapak – bapak hidung belang.

KAMI TAKUT TERKENA NARKOBA

Pengakuan IS, dirinya juga terperangkap dengan tipuan salah seorang pemuda. Modusnya berpacaran namun dia menyuruh IS mencari uang dengan cara haram itu. Menurut IS, dengan miras yang selalu dilakukan oleh para pemuda itu, bukan tidak mungkin pada suatu saat  mereka mengonsumsi Narkoba. Dirinya sangat takut dengan barang haram itu, sehingga, dia berharap, para aparat harus sigap melihat situasi pemuda miras di malam hari, sebab, jika sudah mabuk, tentu apa saja bias mereka lakukan semaunya.

TERTIBKAN KEGIATAN NEGATIF KAUM MUDA DAN PARTI MALAM HARI

Menurut pantauan Tim Ronda Malam Exodus Pos, memang terlihat banyak muda-muda dibawah umur yang berkeliaran ditengah malam. Mereka dijumpai diberbagai tempat hiburan dalam kota Kupang, bahkan ada yang dijumpai dipantai-pantai hiburan pinggiran kota. Oleh sebab itu, sangat diharapkan penertiban oleh aparat kita, sehingga anak-anak yang masih usia sekolah itu tidak terjerumus dan jatuh kejurang hidup yang sesat. Perbuatan yang dilakukan oleh para pemuda yang menyamar sebagai pacar dan teman menjadi hal penting untuk ditertibkan sehingga tidak membuat anak-anak remaja bawah umur kita terjerumus jauh. Peran orangtua juga sangat penting. Orangtua harus senantias memperhatian sikap dan tingkah laku anak-anak ini. Jika ada ancaman yang dilakukan oleh para pemuda itu, tentu segera lapor kepada aparat kemanan. Kegiatan pesta yang disebut PARTU, mesti ditertibkan, sebab pesta Parti di atas jam 12 malam, bias membuat anak-anak remaja dibawah umur terjebak oleh rayuan pemuda-pemuda nakal yang hanya cari keuntungan sendiri.  ( ExPos.Ronda Malam 02).




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: