SMA Negeri Taekas Kefamenanu-TTU, terpilih sebagai Sekolah Model

SMANTA TERPILIH SEBAGAI SEKOLAH MODEL

kepsek-sam-taekasBapak Hilarius Sau,S.Pd,MM selaku kepala sekolah Menengah Atas Negeri Taekas saat diwawancarai di ruang kerjanya, mengatakan bahwa dirinya sangat bangga ketika dihubungi beberapa waktu lalu bahwa SMA Negeri Taekas terpilih sebagai sekolah model di Kabupaten Timor Tengah Utara.

SMA Negeri Taekas berdiri pada tahun 2003 hingga sekarang tahun 2016 telah menamatkan output yang berkualitas dan berkarakter sekitar 1700 siswa.

Jumlah siswa di SMA Negeri Taekas saat ini 509 siswa yang terbagi dalam 14 rombongan belajar.

Terpilihnya SMA Negeri Taekas sebagai sekolah model tidak hanya semata-mata tentang kegiatan pembelajaran di dalam kelas saja namun di dukung dengan kegiatan ektra lainnya.

Kegiatan ekstra yang biasanya dilakukan oleh siswa/I SMA Negeri Taekas seperti pengembangan diri pada setiap matapelajaran yang dilakukan secara rutin setiap hari kamis sampai sabtu selama 1 tahun pelajaran.

Kegiatan pengembangan diri dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan bakat dan minat siswa/i. disamping kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan secara rutin juga, Bapak Hilarius Sau,S.Pd,MM menjelaskan bahwa hal yang paling pokok dalam penilaian penentuan sebuah sekolah dikatan menjadi model apabila di dalamnya mampu melaksanakan kegiatan-kegiatan baik intra maupun ekstra sekolah sesuai dengan delapan standar nasional.

Bapak Hilarius Sau,S.Pd,MM juga menegaskan agar seluruh civitas SMA Negeri Taekas harus mampu menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan ramah anak serta menjalin hubungan kerja yang baik antara kepala sekolah dan guru-guru, guru dan siswa serta siswa dan siswi sehingga dapat mencapai suatu tujuan yang baik.

GAYA SMANTA DALAM  PERSIAPAN PENERIMAAN BAP

SMA Negeri Taekas alias SMANTA merupakan salah satu Sekolah Menegah Atas di Kecamatan Miomaffo Timur, Kabupaten Timor Tengah Utara menerima visitasi Badan Akreditasi Provinsi (BAP) dalam kemasan gaya yang unik.

Badan Akreditasi Provinsi (BAP) disambut meriah dengan beberapa jenis acara seperti marchingband, takanab, acara pengalungan disertai dengan tarian gong sebagai tarian pengantar yang dibawakan oleh siswa/I SMAN Taekas yang bergabung dalam sanggar oeleten yang ada di Kabupaten Timor Tengah Utara-Desa Taekas khususnya di SMA Negeri Taekas.

Tim asesor dalam rangka akreditasi di SMA Negeri Taekas adalah Bapak Johan Nenotek dan Bapak Samuel Mikidori didampingi oleh ketua Unit Pendamping Asesor kabupaten Timor Tengah Utara atas nama Bapak Drs.Johanes Abi bersama tim badan akreditasi provinsi diterima secara beda oleh seluruh civitas SMA Negeri Taekas.

Rombongan dijemput dengan marchingband di lorong masuk menuju sekolah. Penampilan Intan Lake bersama teman-teman sungguh memukau hati. Atraksi di bawah gugur gerimis pagi sedikitpun tak surutkan semangat. Seremonial penerimaan begitu hikmat ketika para tamu dijemput secara adat lewat tutur takanab/natoni oleh Sefri Kolo, S.Fil. ketua UPA Kabupaten Timor Tengah Utara sempat teteskan air mata haru usai takanab/natoni rombongan diberi pengalungan selanjutnya diarak menuju aula dengan iringan musik dan tarian tradisional oleh anggota Sanggar Oel_leten.

Dalam sambutan pembukaan Kepala Sekolah SMA Negeri Taekas Hilarius Sau, S.Pd,MM menyampaikan ucapan selamat datang kepada tim BAP dan ketua UPA Kabupaten Timor Tengah Utara, lebih lanjut beliau menyatakan akreditasi adalah proses penilaian secara menyeluruh terhadap kelayakan sebuah sekolah. Melalui penerimaan sedikitpun tak ada udang dibalik batu, tapi inilah gaya siswa/I SMANTA dalam menerima tamu.

Hal senada disampaikan oleh Bapak Anis Abi sebagai ketua UPA Kabupaten Timor Tengah Utara bahwa lembaga pendidikan tidak mengenal nego-nego, dan sekarang saatnya pendidikan di Kabupaten Timor Tengah Utara harus berubah. Bentuk manusia yang baik dan berbudaya.

Model penerimaan ini sebaiknya ditiru sebagai wujud ekspresi diri yang sebenarnya. Hal ini baru pertama kali terjadi di Kabupaten Timor Tengah Utara khususnya di SMA Negeri Taekas. Hal ini juga merupakan bentuk kerja dari Bapak Hilarius Sau,S.Pd,MM beserta seluruh civitas SMA Negeri Taekas. Kesan yang sama disampaikan oleh Bapak Yohan Nenotek dan Bapak Samuel Mikidori sebagai tim asesor badan akreditasi (BAP) Nusa Tenggara Timur.

Adapaun beberapa rangkaian acara yang dilaksanakan antara lain penyerahan dokumen akreditasi oleh Bapak Kepala Sekolah SMA Negeri Taekas, Bapak Hilarius Sau, S.Pd,MM selaku pihak pertama (pemberi) kepada ketua UPA Kabupaten Timor Tengah Utara Bapak Drs.Yohanes Abi. Selanjutnya penyerahan dokumen berupa berita acara oleh ketua UPA kepada tim asesor atas nama Bapak Yohan Nenotek dan Bapak Samuel Mikidori. Amos




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: