TEMUAN BARU NIKOLAUS “PLASTIK BEKAS JADI MINYAK TANAH”

NTT EXPOS.Kupang,27/10/2015.

TMPDOODLE1445918225404

Nikolaus  Kembo (55 Tahun), warga Naikoten Dua Kota Kupang, berhasil mendaur ulang gelas dan botol aqua bekas menjadi minyak tanah dan telah digunakanya untuk kebutuhan masak setiap hari.

Katanya, karena minyak tanah mahal maka dia mencoba cara tersebut dan berhasil menjadi bahan pengganti minyak tanah. Minyak dari hasil kerja kreatifnya ini, lebih tahan lama dalam 1 liter, mampu dipakai memasak selama 2 sampai 3 hari.

Niko menjelaskan, dalam 200 gelas aqua bekas, bisa menghasilkan 1,5 liter. Cara melakukan dengan  sederhana, yakni, plastik-plastik tersebut dikukus dalam blek biscuit dan uap yang keluar disuling dengan pipa kecil. Hasil suling itulah yang menjadi minyak.

Dia berkeinginan mengembangkan cara usahanya ini menjadin lebih maju namun masih terbentur dana. Usahanya ini telah dilakukan selama 1 bulan lebih. Niko bertujuan, semoga masyarakat tidak mampu bisa melakukan kerja tersebut guna membantu mengatasi ketiadaan biaya membeli minyak tanah untuk kebutuhan sehari-hari.

“Jika saya punya alat-alat yang lebih baik, tentu usaha ini akan maju dan mampu menambah pendapatan hidup keluarga”, ucap Niko mehgakiri pembicaraa. (NTT EXPOS.001).




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: